Dari Sheffield ke Wageningen

4 Agustus 2015, mendapatkan surat elektronik dari Department of Geography, yang mengingatkan bahwa saya harus segera mengunggah hasil IELTS, menjadi pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, mengambil keputusan untuk pindah tujuan studi, IELTS saya kurang 0,5 point. Karena malas mengambil tes IELTS untuk kedua-kalinya, saya memutuskan untuk pindah haluan ke Wageningen University (WuR). Alasan paling mendasar memilih universitas ini karena The City of Life Sciences (julukan untuk Wageningen) memiliki kualitas ilmu lingkungan yang lebih baik dari University of Sheffield (UoS).

Selain itu, mata kuliah yang diberikan juga lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan saya. Namun, UoS memberikan saya waktu untuk berfikir, mereka memberikan kesempatan untuk ikut dalam program studi tahun 2016, sungguh baik! Begitulah seharusnya pendidikan, dari awal tidak memberatkan calon didikannya. Indonesia harus mencontoh hal ini, harus!

LoA 2016 - Defer

15 September 2015, proses pendaftaran ke WuR lebih lancar, mungkin karena saya sudah memiliki pengalaman melakukan hal serupa, selain itu tidak mensyaratkan surat rekomendasi yang membutuhkan waktu 2 minggu. Pertama, kita mengisi online application form, lalu mengunggah semua persyaratan yang dibutuhkan. Dari proses ini saya mendapatkan nomor registrasi. Kedua, menuggu 3 hari untuk mendapatkan nomor file dan password untuk login ke STARS (Student Tracking Admission Registration System). Ketiga, berdasarkan cerita teman, saya harus menunggu tidak lebih dari 2 minggu untuk mendapatkan LoA Unconditional dari WuR (Bismillah, semoga segera mendapatkan kabar gembira ini, hehe).

Rekam Jejak Aplikasi

Saatnya menunggu, bersabar, dan banyak berdoa. Jika Allah sudah berkehendak, semua akan lancar dan mudah saja, kan?! —

About arsiyawenty

Traveler and Dream Catcher
This entry was posted in Beasiswa and tagged , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Dari Sheffield ke Wageningen

  1. journe says:

    great!! semoga dilancarkan. 😀

  2. Novita Sari says:

    halo,salam kenal. Nama saya Novita Sari. Saya berencana melanjutkan studi di WuR untuk jurusan Water Technology. Saya ingin meminta saran mengenai pengisian online application form untuk financial arrangements. Apa yang harus saya pilih pada kolom tersebut jika saya baru mau mendaftar beasiswa ? Terimakasih.

  3. JA says:

    Halo salam kenal saya Oktaviana. Saya mau menanyakan mendaftar di WuR apa tidak perlu membayar application fee terlebih dahulu? Saya ingin mendaftar ke Utrecth University akan tetapi saya terhambat dengan proses pengiriman application fee-nya. Terimakasih

    • arsiyawenty says:

      Hallo Oktaviana, salam kenal 🙂
      Tidak ada application fee di Wageningen, cukup kelengkapan document diunggah lalu submit. Tunggu sekitar 3 hari kerja untuk dapatkan file number buat log in, hasil LoA kira2 paling lama 2 minggu sudah keluar.

      Good luck 🙂

  4. Pingback: Tentang LPDP 2016 Batch 1 – Jakarta | Explore the World

  5. Nadia says:

    Halo salam kenal, kak. Saya Nadia. Ingin bergabung dan diskusi di grup WA apa masih bisa? Atau jika boleh via email gimana ya kak? Terima kasih

  6. halo kak salam kenal saya Ilham dan berencana lanjut s2 bilogi di wageningen. pas pengisiian form aplikasi ada yang bingung mengenai financial arrengement karena saya masih dalam proses pendaftaran beasiswa LPDP. Selain itu apakah kita wajib mempunyai passport terlebih dahulu? terakhir apakah masih boleh join grup WA? hehe terimakasih kak

    • arsiyawenty says:

      Hallo Ilham salam kenal, untuk group wa masih bisa kok, feel free to joint.

      Sebaiknya sudah ada passport ya karena itu kan ID international gitu, dan garus upload juga di aplikasi

      Waktu itu saya isi aja dibiayai LPDP tapi pilih yang sedang proses.

      Semoga jawabannya membantu 🙂 Good luck

  7. Hallo kak salam kenal saya Ilham. terimakasih tulisan di blognya sangat menginspirasi.

    Saat ini saya sedang mendaftar beasiswa LPDP dan berencana lanjut s2 di biology WUR. Saya ingin menanyakan prosedur pengisian form aplikasi karena disitu ada passport number dan financial arrengement. misal saya belum memiliki passport dan belum di terima beasiswa bagaimana untuk pengisian kolom tsb?
    Apakah di blog kaka ada prosedur pengisian form aplikasi secara detail hehe dan apakah masih bisa join di grup WA?

Leave a Reply

