Cara Mendapatkan Surat Keterangan Berbadan Sehat, Bebas Narkoba dan Bebas TBC

Tulisan kali ini masih menjadi bagian dari perjalanan tidak singkat untuk menggapai cita-cita paskasarjana di luar negeri. Salah satunya adalah diharuskan untuk melengkapi sejumlah surat; Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS), Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dan Surat Keterangan Bebas TBC (SKB-TBC). Beasiswa yang kali ini menjadi target saya adalah Beasiswa LPDP 2015. Beasiswa ini mengharuskan kami melengkapi surat tersebut dari Rumah Sakit Pemerintah, harus, tidak boleh Puskesmas atau instansi swasta lainnya. Saya memilih Rumah Sakit Umum Pemerintah Fatmawati (RSUP Fatmawati).

Ada beberapa langkah yang perlu dijalankan, berikut saya rangkum dalam urutan jelasnya;

1. Pendaftaran dan Pembayaran: Melangkapi form pendaftaran SKBS dan permohonan SKBN di Gedung Bougenville bagian medical check-up kemudian membayar sejumlah Rp 542.200 (exclude biaya SKB-TBC). Sebagai catatan, saat mendaftar sampaikan bahwa surat-surat tersebut untuk kepentingan beasiswa, sehingga medical check-up yang dilakukan adalah yang standar, tanpa harus berpuasa. Simpan kwitansi pembayaran untuk mengambil hasil (proses 2 hari kerja)

Ruang Medical Check-Up RSUP Fatmawati

Ruang Medical Check-Up RSUP Fatmawati

Kwitansi Pembayaran dan Daftar Pemeriksaan

Kwitansi Pembayaran dan Daftar Pemeriksaan

2. Pemeriksaan: (1) Cek Darah, (2) Cek Urine, (3) Kondisi Fisik, (4) Konseling Dokter, (5) Pemeriksaan Medis, (6) Rontgen

3. Hasil: proses ini akan berlangsung 2 hari kerja, setelah itu kita akan mendapatkan SKBS dan hasil rontgen yang akan digunakan untuk SKB-TBC di Griya Husada. Biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 200.000 di Poli Paru Griya Husada.

Proses ini belum selesai, saya masih menunggu hasilnya besok 19 Juni 2015, merupakan hari paling berdebar-debar, karena pada hari yang sama saya juga menanti hasil IELTS. Semoga ada banyak kelancaran dalam proses ini dan itu, Bismillah.

About arsiyawenty

Traveler and Dream Catcher
This entry was posted in Beasiswa and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

93 Responses to Cara Mendapatkan Surat Keterangan Berbadan Sehat, Bebas Narkoba dan Bebas TBC

  1. Mueriece says:

    Good luck for your LPDP test. aamiin 🙂

  2. Ellen says:

    Hi Wenty. Minggu lalu, aku baru medical check up di bekasi. sayangnya rumah sakit mereka tidak mengeluarkan surat bebas TBC. Hanya ada hasil lab bebas TBC. Kira2 kalau aku bawa hasil SKB sehat dan rontgen dari bekasi ke poli paru, mereka mau buat ga yah? Oiy boleh minta alamat email atau personal number untuk diskusi lebih lanjut? Ini alamat email saya. ellenhutagaol90@gmail.com. Terima kasih.

  3. Halo Mbak Wenty, salam kenal. Untuk pembuatan Surat Keterangan Bebas TBC, setelah melakukan rontgen, apa lagi yang dilakukan di RSU Fatmawati? Dan apakah biaya Rp 200.000 itu sudah termasuk biaya rontgen, test bebas tbc,d an surat keterangan bebas tbc itu sendiri?

    Saya sudah melakukan rontgen di RSU Tangerang, tapi saya tidak yakin mereka bisa mengeluarkan SKB TBC-nya karena mereka tidak memberikan keterangan yang jelas. Karenanya saya mau test di RSU Fatmawati saja yang kelihatanya lebih meyakinkan soal perilisan berkas tersebut.

    Semoga sukses dengan aplikasi LPDP nya Mbak.

    Salam, Vonny

    • arsiyawenty says:

      Hallo vonny, salam kenal.

      Jika sudah punya hasil rontgen, kamu tinggal ke RS Fatmawati membawa semua dokumen hasil medcheck tersebut ke Gedung Griya Husada. Bukan ke Poli Paru ya, karena poliklinik tersebut untuk pengobatan TBC, bukan yang mengeluarkan surat bebas TBC. Jadi, langsung ke Griya Husada, sampaikan kalau kamu butuh surat ket bebas TBC untuk keperluan beasiswa.

      Setelah pendaftaran, ada pengecekkan berat, tinggi, dan tensi darah. Hasil rontgen dibaca, selesai deh.

    • arsiyawenty says:

      Ini pengalaman teman yang baru saja dapat SKB-TBC:

      “Jadi pas dipendaftaran awal gue bilang udah mcu pagi ini..jd udah ada hasil rontgen..terus dikasih blanko pendaftaran gt.

      Nanti diarahkan ke ruang 26, didepan ruang 26 ada suster buat cek tensi, bb dan tinggi..

      setelah itu gue disuruh nunggu dokter. Dokternya nanti meriksa hasil rontgen, wawancara bentar dan diperiksa badannya

      Selesai itu diarahin ke kasir dan langsung dikasih surat bebas tbcnya sm susternya saat itu juga.”

  4. Jadi kalau sudah punya hasil rontgen, kita hanya perlu melakukan pengecekan dan surat bisa dikeluarkan hari itu juga ya Mbak. Lebih praktis dibanding di RSU Tangerang ya. Kalau di RSU Tangerang, saya harus mengikuti proses pengecekan dahak dahulu dalam 3 hari berturut-turut dahulu baru bisa mendapatkan surat keterangan bebas tbc, sayangnya saya tidak punya waktu yang cukup kalau harus ke RS sampai 3 hari. Sepertinya RSUP Fatmawati pilihan yang lebih ringkas.

    Terimakasih untuk responnya Mbak Wenty.
    Semoga dilancarkan dalam proses aplikasi beasiswanya 🙂

    • arsiyawenty says:

      Ia hari itu juga hasilnya keluar, kata teman bayarnya hanya Rp 75.000

      Proses yg di jalankan di RSU Tangerang itu menurut saya untuk pengecekan stadium orang yang sudah terdiagnosa TBC ya, sedangkan untuk beasiswa hanya SKB TBC standard saja.

      Menurut keterangan dr petugas RSUP Fatmawati, untuk keperluan visa akan ada pengecekan lebih detail.

      Aamiin, kamu juga apply lpdp kah? Saya masih melanjutkan IELTS dulu, kemarin kurang 0.5 euy haha

  5. Halo lagi mbak Wenty, saya juga mau mencoba peruntungan melalui LPDP, hehe. Tadi saya baru saja ke RSUP Fatmawati dan berhasil membuat SKB TBC nya dengan lancar. Ternyata asalkan sudah memiliki rontgennya, bisa langsung konsultasi dengan dokternya dan dibuatkan SKB TBC nya langsung.

    Terimakasih untuk informasinya Mbak 😀

  6. Andi says:

    Halo mba Wenty salam kenal.
    Saya kebetulan juga ambil LPDP untuk periode sekarang. Ngomong-ngomong mba Wenty apply untuk mulai periode kuliah bulan apa?
    Sekarang saya lagi dalam proses pengurusan surat kesehatan di RSUD Bekasi. Untuk prosesnya cuma pemeriksaan dahak, urin, rontgen dan cek fisik. Kira-kira untuk surat keterangan sehat tanpa cek darah sudah cukup? Soalnya saya tanya ke pihak RS nya katanya ga perlu pake cek darah.

    Terimakasih sebelumnya

    • arsiyawenty says:

      Hallo Andi, salam kenal 🙂
      Saya Insyaallah yang periode 4, karena meskipun daftar periode 3, saya harus defer LoA untuk intake 2016, sesuai peraturan baru yang mengharuskan maksimal 6 bulan sebelum kebrangkatan.

      Kamu daftar kampus mana? Semoga lancar prosesnya dan langsung Awardee ya, aamiin.

      Saya kurang tau bagaiman kelengkapan medical check up yang benar-benar standard, tapi seharusnya cek darah menjadi basic ya dan cek urine, karena darisana semua hasil tes lainnya juga bisa ‘dibaca’ secara medical. Saya kurang paham sih, maklum background saya sosial hehe. Kalau saya di Fatmawati pertama kali ya cek darah dan tensi baru yang lainya.

      • Andi says:

        Maksudnya perkuliahan di kampus yang dituju dimulai kapan mba? Daftar ke kampus mana mba? Kalo saya insyaallah daftar ke Wageningen mulai perkuliahan bulan Februari 2016.

        Iya mba saya juga khawatir nih. Soalnya waktu bikin surat pengantarnya orang bagian RS nya udah tau kalo itu buat beasiswa dan ga perlu cek darah. Surat kesehatan baru berlaku sejak periode ini kan ya mba? Setau saya sebelumnya gak pake.

      • arsiyawenty says:

        Ia baru periode ke-3 ini, dan jangan lupa ada on the spot essay ya.

        Saya LoA dari University of Sheffield, intake September 2015. Tapi defer ke 2016.

        Serius kamu ambil Wageningen? hahahah saya sedang menyiapkan Letter of Motivation buat intake September 2016. Master Urban Environmental Management. Kamu ambil apa? Wah ini menarik banget hahaha

    • Andi says:

      Iya persyaratan yang sekarang lebih susah dari yang sebelumnya ya mba. Tapi ini tantangan sih hehe
      Wah yang bener mba? Kalo saya apply buat Organic Agriculture. Mba kenapa ga intake Februari 2016 aja?
      Tunggu deh saya masih bingung, jadi ikut LPDP buat Sheffield atau Wageningen?

      • arsiyawenty says:

        Tidak susah kalau sudah takdirnya hehe. Usaha aja dulu. Oh ia, Agriculture disana bagus ya, environmental science nya juga. Kamu dari IPB? Untuk majoring saya intake september kalau tidak salah yang februari hanya 6 atau 8 corsework gitu yang buka.

        Saya belum apply LPDP, masih mencari kampus yang benar-benar menawarkan study yang susai keinginan, karena ini untuk s2 dan di luar, harus benar-benar yang ‘nyaman’.

        Tapi kemungkinan besar ambil untuk Wageningen, meskipun belum daftar juga sih

    • Andi says:

      Wah iya bener banget mba Wenty, positif banget nih. Bismillah aja ya mba kalo emang udah rezeki pasti ada jalan.
      Iya mba Agriculturenya disana jadi unggulan banget, dan kayanya cuma Belanda deh yang bahasa pengantarnya pake Bahasa Inggris untuk di Eropa. Oh iya saya lupa, cuma beberapa aja yang buka di bulan Februari.
      Saya lulusan dari Unsoed mba hehe

      Iya sih mba itu harus dipikir mateng-mateng, kalo gak nyaman dan sesuai takutnya malah gak maksimal.
      Mba gak coba ikut StuNed?

      • arsiyawenty says:

        Ia benar, semangat ya! Scholarship is Mystery, jadi ayo kita semangat, semoga bisa satu almamater ya. Kamu sudah submit aplikasi ke WuR?

        Saya mau coba semua beasiswa yang ada di muka bumi ini hahah, karena semua gratis, yang kita perlukan hanya niat baik, usaha maksimal dan pikiran positif. Selebihnya kembalikan ke Allah aja hehe

      • Andi says:

        Aamiin aamiin ya Robbal alamiin… Udah beberapa mba, tapi masih ada yang belum lengkap. Saya masih belum punya score IELTS, untuk sementara buat LPDP saya masih pake TOEFL ITP.
        Gimana Kemarin hasil IELTS nya mba?

        Oh iya mba kalo boleh di share dong tips-tips buat dapetin LoA hehehe

      • arsiyawenty says:

        Itu yang menjadi tantangan saya selanjutnya, kemarin LoA Sheffield masih Conditional, karena belum submit IELTS. Pas tes, hasilnya masih Band 6 hahah jadi kurang 0,5

        Kondisi ini juga yang akhirnya, membawa saya berpetualang lagi mencari kampus lain yang Band 6, ketemu deh Wageningen, dan ada study yang sesuai minat juga.

        Tipsnya cuma 1, percaya diri hahhahaa itu aja, cobain sampai dapat.

      • Andi says:

        Iya mba waktu awal-awal masih awam saya taunya buat dapetin LoA pake representative, kita tinggal terima jadi, tapi itu kan bayar kalo ga salah. Dan saya coba kepo nyari tau ke mahasiswa wageningen langsung, ternyata kita tinggal hubungin Student Center aja dan responnya juga cepet. Tapi bener deh mba saya masih kurang pede buat ngajuin permintaannya, takut ada kata-kata yang keliru hehe
        Tapi nanti dicoba deh secepatnya.

        Oke deh makasih banyak ya mba buat segala informasinya. Postingan mba sangat bermanfaat buat orang lain, termasuk saya.
        Semoga Allah selalu memberi kemudahan di setiap kesulitan ya mba, sehingga kita bisa terus berjuang menggapai cita-cita. Aamiin.
        Ditunggu postingan-postingan selanjutnya yang sangat inspiratif mba. Dan sangat dinanti postingan di kategori “beasiswa” ketika sudah berada di negeri orang 😀
        Pastinya saya bakal selalu kepo hehehe

      • arsiyawenty says:

        Ada yang bayar dan ada yg gratis, kalau IBEC buat UK gratis. Menurut saya lebih baik kita kerjakan semua sendiri, karena selain seru, lebih orisinil aja hehe

        Kamu pede aja, kalau kesalahan grammar itu mereka akan maklum, karena memang bukan mother tounge kita. Lagipula kita kan bukan ambil master of literarure.

        Siipp semoga kamu juga dilancarkan prosesnya ya, sabar dan semangat. Ia kabarin ya progress kamu juga, kalau kamu dapet kan duluan intake februari 2016 hehe

    • arsiyawenty says:

      Hallo Andi, saya buat group WA untuk yang mau ke Wageningen, kamu bisa gabung (081282759454, nomor saya) untuk sharing informasi. Ditunggu yah 🙂

  7. neydairva says:

    nice sharing mbaa 🙂
    kebetulan banget saya lagi nyari2 prosesur pembuataan skbn sma TBC test.
    mba, biaya keseluruhan yg dihabiskan untuk dapet surat2 ini jadinya brpa yaa? hehe. td disebutin 500an tp exclude surat TBC yaa? he.
    trus dokumen2 apa yg dibawa untuk mmbuat SKBN dn surat TBC? KTP, foto ato apa saja? 🙂

    mohon infonyaa~
    thanks in advance mbaaa, 🙂

  8. arsiyawenty says:

    Untuk bebas TBC Rp 75.000 kalau yg TBC setelah medical check up karena dokter spesialis paru butuh hasil rontgen kita.

    Bawa foto kopi ktp saja, dan jangan lupa bawa uangnya. Saran saya dari pagi biar ga antre. Kalau di Fatmawati yg TBC hanya bisa sore

  9. arsiyawenty says:

    Bebas narkoba dan medical check up jadi 1 tapi formulir pendaftarannya terpisah, jadi kamu akan isi 2 jenis form. Untuk TBC juga beda form lagi.

  10. akbar says:

    Hi ..!. Saya coba medical check up.. eh malah dioper ke poly umum mbak. .terus d suruh ngantri2 gtu… bner ga sih gtu prosedur nyaa??.

    • arsiyawenty says:

      Hallo Akbar, wah saya tidak kesana, karena Poli khusus untuk medical check up yang BPJS, kalau untuk keperluar beasiswa dan visa, prosedurnya seperti yang saya deskripsikan dalam tulisan ini hehe

      • Azhari Fauzan says:

        Hi Wenty aku dr purwokerto. aku mau tanya rs daerah sini jg tdk punya format surat ket bebas tbc. Apakah saya boleh meminta scan surat keterangan bebas tbc mbak Wenty ke alamat email saya azhari.fauzan1@gmail.com sebagai contoh yang akan saya tunjukan ke pihak rs?
        terima kasih.
        sukses untuk kita semua

      • arsiyawenty says:

        Hallo Azhari, salam kenal.
        aku belum pernah mendapatkan surat tersebut, karena belum tes juga. Tapi temen aku ada, nanti aku forward ya emailnya.

        Good luck 🙂

  11. geri says:

    gan mau tnya gan
    kalau msalnya kita mau check up bebas narkoba
    tetapi skitar 1thn yg lwat sya hnya mencoba mencicipi narkoba itu
    kira2 lolos apa engga ya gan?

    • arsiyawenty says:

      Hallo Geri, salam kenal.

      Wah saya bukan bagian medical geri jadi kurang tahu prihal itu. Tapi logikanya selama tidak dikonsumsi tiap hari (atau tidak konsumsi saat mau tes) harusnya aman. Apalagi kalau baru sekali coba dan dikit, seharusnya udah ga ada bekas ya. Tapi ini common sense sih hehe

  12. amira says:

    Halo mba wenty,
    semoga sukses ya proses pendaftaran lpdp nya. Kebetulan saya sedang mencari info untul mengurus ketiga jenis surat tersebut. Saya masih sedikit bingung antara kasus mba dan teman mba. Bedanya dimana ya sehingga terdapat perbedaan harga tersebut?

    Terimakasih

    • arsiyawenty says:

      Hallo Amira, salam kenal 🙂

      aamiin, semoga kamu juga lancar, sukses jaya ya LPDP nya.

      Jadi, teman saya di Poliklinik Paru RS Fatmawati. Sedangkan informasi yang 200ribu adalah Griya Husada (RS Fatmawati tapi yang swastanya). Perbedaan ada di pelayanan yang diberikan, kalau di Poliklinik paru, kita antre bersama orang-orang yang sudah terdiagnosa sakit. Sedangkan di yang lebih mahal, kita langsung ke Dokter Spesialis Paru.

      Tapi, saya baru akan ke RS lagi pada 29 September 2015. Nanti saya ceritakan deh hehe.

      • amira says:

        Terima kasih atas penjelasannya Mba Wenty 🙂 untuk cek TB ini dengan rontgen saja kan ya mba?
        kalo boleh tau apa mba sudah mendaftar LPDP nya? Dan kenapa ke RS lagi mba, apa ada kekurangan dari hasil pemeriksaan sebelumnya?

      • ryvo says:

        Pagi, informasinya sangat membantu terutama untuk yang mau mengurus beasiswa lpdp. mau tanya, udah jadi ke RS Fatmawati mbak tanggal 29 september lalu? boleh diceritakan prosedur dan harga aktualnya? terimakasih banyak mbak..

      • arsiyawenty says:

        Hallo Ryvo salam kenal 🙂

        Belum, setelah idul adha saya kena cacar air, InsyaAllah minggu depan saya ke RS. Apakah kamu juga ambil LPDP batch 4? Semoga sukses ya 🙂

      • ryvo says:

        wah, semoga cepat sembuh. iya, aku ikut yang batch 4. Wenty juga ya? ini masih belum urus surat sehat, bebas narkoba, bebas TBC, dan SKCK. rencana besok mau ke RS Fatmawati. untung ada tulisan Wenty jadi ga buta2 amat buat besok. terimakasih banyak infonya dan semoga sukses juga *thumbup*

      • arsiyawenty says:

        Ia mau ikut yg batch 4. Untuk skck ada prosedurnya di blog ini juga hehe. Nanti kalau sudah ada update biaya dikabarkan di blog ini ya, semoga dibaca teman-teman lain yang juga mau LPDP.

  13. Wah… info yg sgt menarik dan bermanfaat mba,, untuk pmeriksaan TBC paru dan SKBS mmg dharuskan ke RS krna selain dtunjang oleh alat yg memadai.. dsana jga ada dokter spesialis untuk konsultasi… klo puskesmas msh sebatas pmeriksaan mendasar…
    salam kenal ya mba… postingannya keren…
    “Ulun Katuju lwn tulisan pian mba ae” (artinya “saya suka dgn tulisan mba” dlm logat bahasa banjar Kalsel) .. good job

  14. Isa says:

    Hi, mbak Wenty, trimksih bnyk atas sharing pnglmnny dlm mmbuat SKBS dan sht TBC nya. Sy juga sdng mmpersiapkan proses pmbuatan syarat2 itu untuk LPDP. Saya kbtuln sdh dpt unconditional LoA dr University of Aberdeen, jd tinggal apply LPDP nya aja. Sukses ya buat kita semua. 🙂

  15. Nurul says:

    Mbak mau tanya, mbak kan daftar periode ke 4 nanti tapi surat sehat/ bebas narkoba tanggal kluar bulan juni (atau juli?).. Nah sy mw tanya itu boleh gk ya? Soalnya sy pernah denger klo surat sehat pnya masa waktu surat 2-3 bulan saja..please advise. Thank you

    • arsiyawenty says:

      Hallo Nurul salam kenal 🙂
      Kebetulan saya sedang cacar jadi belum apply lpdp, tapi diusahakan yg ke 4 ini. Kalau surat tsb kan prasyarat untuk kesehatan secara umum, pengecekkan detail juga nanti ada saat pengajuan visa, jafi seharunya tidak menjadi tolak ukur ya. Hehe daftar aja dulu hadil serahkan ke Allah 🙂

  16. Ers harry says:

    Hi mbak wenty,
    Salam kenal. Saya rencana ingin daftar LPDP untuk batch 4 ini. Saya kemarin minta surat keterangan kesehatan dll di RSPP. Namun ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
    1. surat yg saya dapatkan dari dokternya kemarin hanya 1 lembar berisi keterangan dengan tulis tangan bahwa saya sehat, bebas narkoba, dan tbc, disertai dengan lampiran hasil tes urin saya. Apakah menurut mbak itu sudah cukup valid ya?
    2. Metode tes tbc saya kemarin agak aneh, melalui mantoux test. Apakah memang harus rontgen atau bisa dengan metode lain?

    Terima kasih mbak atas bantuannya.

    • arsiyawenty says:

      Hallo salam kenal 🙂

      Saya sudah MCU tapi hasilnya belum saya ambil. Untuk Tes TBC yang saya ketahui hanya dengan rontgent.
      Besok saya baru berencana ke RS lgi untuk meneruskan prosesnya. Nanti saya upload documentnya ya.

      Sukses untuk LPDP nya 🙂

  17. imrenagi says:

    Wah terima kasih atas informsinya mbak. Sangat bermanfaat. 😀

  18. azagista says:

    Halo Mba Wenty, salam kenal. Kalau boleh tahu apakah mba sudah mendapatkan surat keterangan bebas TBCnya? Kebetulan RS di sini tidak menyediakan format khusus untuk bebas TBC. Apakah boleh jika saya minta contoh format atau scan hasil surat keterangan bebas TBC tersebut ke email aagista@gmail.com? Terima kasih banyak.

    • arsiyawenty says:

      Hallo Azagista, salam kenal 🙂
      Saya belum dapat surat tsb, Insyaallah sore ini setelah jam 4, tapi saya baru bisa scan pas di kantor, kamis, sekarang masih cacar.

      Saya forward punya teman saya ya, cek email kamu 🙂

      Good luck semoga bermanfaat.

  19. Sunny Ineza says:

    Halo mbak Wenty.
    Akhirnya aku sudah dapat surat keterangan sehat dan surat bebas narkobanya.

    Mau berbagi juga, siapa tau ada pembaca blog mbak Wenty inbi yang berasal dari daerah Tangsel.
    Untuk membuat SKBS dan SKBN bisa dilakukan di RSUD Tangsel. Langkahnya akan saya jelaskan berikut
    1. Ambil nomor antrian. Sebaiknya datang pagi sekitar pukul 6.30 karena loket antrian buka pukul 7.00. Saya datang pukul 6.45 tapi antrian sudah cukup panjang. Jadi, coba datang lebih pagi. Saat di loket antrian bilang untuk melakukan MCU.
    2. Menunggu nomor antrian dipanggil di loket pendaftaran. Di loket pendaftaran melakukan pendataan, kemudian dialihkan ke kasir untuk membayar tagihan. Perlu memberitahu penjaga loket bahwa kita akan melakukan MCU, meminta SKBS dan tes narkoba untuk dapat SKBN.
    3. Menuju kasir untuk melakukan pembayaran. MCU untuk SKBS biayanya Rp 35.000 dan tes narkoba Rp 175.000.
    4. Melakukan MCU di Poli MCU lantai 4.
    5. Melakukan tes urin di Laboratorium lantai 5.
    Surat tersebut dapat diambil pada keesokan harinya. Karena saya melakukan tes pagi, SKBS dan SKBN dapat diambil pagi hari.

    Terima kasih atas informasi yang saya dapat dari mbak Wenty.
    Semoga informasi saya juga berguna.

    Salam sukses 🙂

    • arsiyawenty says:

      Dear Sunny,

      Selamat dan terima kasih banyak sudah update informasi, sangat bermanfaat sekali, saya yakin hehe 🙂

      Btw, biaya yang dikeluarkan terbilang murah ya, mungkin karena di RSUP Fatmawati saya MCU di RS Swasta-nya, jadi meskipun RS pemerintah biaya yang dikeluarkan jadi mahal.

      Oh ya, kamu sudah dapat SKB-TBC?
      Kapan mau submit LPDP nya, good luck ya, pasti dapat, aamiin 🙂

      • Sunny Ineza says:

        Dear,
        Mbak Wenty

        Iya termasuk murah mbak. Mungkin karena saya MCU yang tidak termasuk dengan rontgen torax untuk TBC dan cek darah, alias hanya tes MCU biasa untuk mendapatkan SKBS.

        Saya memiliih MCU biasa yang tidak menggunakan rontgen torax karena saya melamar untuk beasiswa dalam negeri saja. Dalam persyaratan tidak memerlukan SKB-TBC.

        Jika pelamar lain ingin melakukan MCU standar dengan rontgen torax dikenakan biaya Rp 150.000. Namun, saya kurang tahu bagaimana mendapatkan SKB-TBC di RSUD Tangsel.

        InsyaAllah aku submintya besok, setelah scan semua berkas.
        Bagaimana kabar mbak Wenty? Apa sudah melakukan MCU lagi?

        Aamiin. Good luck juga buat mbak Wenty 🙂

      • arsiyawenty says:

        Good news ya 🙂 semoga besok lancar jaringan internet dll-nya.

        Saya kemarin ada masalah dengan paru-paru, pneumonia, tapi masih harus cek lab lanjutan, jadi surat bebas tbc belum bisa keluar. Meskipun diagnosa kemarin bukan TBC, jadi harus cek lanjutan, begitu kata dokternya.

        Jadi apply lpdp saya tunda dulu hehe, gambaran kondisinya saya ceritakan dalam blog ini jua (haha promosi):
        https://arsiyawenty.wordpress.com/2015/10/12/the-invisible-hand-cacar-paru-dan-wu/

        Jadi prioritas saya menyelesaikan cek lab dan mempersiapkan beasiswa Stuned berikutnya 🙂

    • amhar.fm says:

      yeaay akhirnyaa Tangsel!
      Makasih banyak mbak, semoga sukses.

  20. Firman says:

    Hai Mba Wenty

    Salam kenal. Saya ingin membuat surat di RS Fatmawati. Apakah perlu melakukan reservasi dahulu sehari sebelumnya?
    Saya tadi telp ke RSCM kata mereka disana hanya menyediakan memo bebas TBC dan narkoba. Apakah itu sama dengan SKB-TBC dan SKBN? Mungkin saya boleh liat surat milik Mba Wenty via email.
    Lalu saya pernah mengalami TBC kelenjar di leher dan sudah dioperasi, Apakah masih bisa mendapatkan SKB-TBC?

    Terima kasih
    Semoga sukses pendaftaran LPDP nya

    • arsiyawenty says:

      Hai Firman, salam kenal 🙂

      Tidak bisa reservasi, kamu datang lebih pagi akan lebih mempercepat proses, menghindari antre.

      Teman saya juga mendapatkan memo tersebut dari RS Fatmawati dan lolos LPDP, jadi menurut saya itu sama dengan SKB-TBC.

      Untuk TBC kelenjar, saya kurang paham, itu prihal medis, sedangkan background pendidikan saya sosial politik, mungkin kami bisa browsing di laman lain hehe 🙂 maaf ya

      Kamu juga, sukses untuk hasilnya, untuk LPDP juga? Email kamu apa? nanti saya kirimkan hasil SKB-TBC dari RSUP Fatmawati

  21. Octa says:

    Hi mbak wenty,

    Ada yang mau saya tanyakan. Saya juga dalam proses pengurusan SKBS, SKBN, dan TBC di RSUD Budi Asih untuk apply LPDP luar negeri. Cuma saya bingung karena di website kan tidak di jelaskan bentuk surat keterangan sehatnya seperti apa. Dan setelah saya baca mbak wenty MCU nya pake cek darah segala ya? Detail nya MCU pake cek darah di mana ya mbak di website? Karena saya tidak pakai cek darah. Boleh minta tolong dikirimkan MCU nya mbak ke firstkans@gmail.com thankyouuuu!

    • arsiyawenty says:

      Hallo Octa, salam kenal 🙂

      Hasil MCU saya belum di scan bentuknya seperti surat pernyataan. Menurut saya LPDP tidak memberikan standar MCU harus cek apa saja, secara umum jika RS menyatakan kamu sehat dan bebas narkoba saya rasa itu cukup. Lagipula untuk kebutuhan visa kita pasti tes kesehatan lagi.

      Saya kirimkan kamu contoh surat bebas tbc ya, yg mcu dan bebas narkoba belum saya scan hehe.

      Good luck dan semoga bermanfaat 🙂 kamu bisa membaca komen dari sunny (test di tangerang selatan) di blog ini, MCU dia juga standar bukan yang full test.

  22. meti says:

    Maaf mau tanya dong kalo buat SKBS di rsup fatmawati berpa ya biayanya?

  23. ekasusiyanti says:

    haloo mbak,, tengkyuhh buat sharingnya.. selamat juga utk kelulusannya.. saya salah satu fans mbak 🙂
    sorry mau tanya, untuk surat keterangan sehat, bebas narkoba dan bebas tbc ini apakah ada masa berlakunya gak? (spt SKCK yang hanya 6 bulan masa berlakunya- hrs diperpanjang lagi).

    tengkyuh buat inputnya 🙂

    • arsiyawenty says:

      Hallo Eka, salam kenal, Alhamdulillah ada fans hahaah *artis euy, fans* 🙂

      Pada dasarnya surat sehat dan bebas narkoba hanya berlaku 6 bulan (namun tidak tertulis batasan waktu pada masing-masing surat tsb, beda dengan SKCK).

      Lebih baik diperbarui, tapi untuk kelengkapan awal saya rasa LPDP tidak menyebutkan tanggal batasan surat. Lagipula, nanti kalau awardee untuk visa tes ini itu lagi kok buat medical.

      good luck ya *saya juga belum apply lpdp*

      • Permisi tanya mbak, untuk batasan waktu 6 bulan itu didapatkan di mana ya mbak keterangannya? Terima kasih sebelumnya 🙂

      • arsiyawenty says:

        untuk surat keterangan sehat, bebas napza dan bebas tb masa berlaku 6 bulan ada keterangan dari RS Fatmawati dan RSUK Tebet. Untuk masa berlaku SKCK tertulis di SKCK nya hehe. Semoga bermanfaat ya 🙂

  24. sopian says:

    mahal jg ya..

    kalo d bliin bras dapet 3karung buat makn kluarga 4 bln.:-D

    • arsiyawenty says:

      Hallo sopian salam kenal 🙂

      kalau akumulasi tersebut dijadikan semacam investasi, margin yang didapat dari beasiswa LPDP menguntungkan loh, bisa beli rumah untuk keluarga hehe 🙂

      Optional lainnya bisa ke Rumah Sakit Umum Kecamatan, berbadan sehat hanya Rp 30.000 sedangkan untuk bebas napza, harga sama Rp 200.000 sudah general semua rumah sakit pemerintahan.

  25. Rian says:

    slm kenal..sy rian
    mba mw tny. klo dftr beasiswa d univ luar kdng ad prsyratn srt ktrngan sehat..
    nah tu suraty hrs dlm bhs inggris?
    bisa kah RS ngluarin pke bhs inggris lngsng?
    makasih

  26. Osi says:

    Hallo, mba 🙂 saya mau nanya nih, apakah ada batas waktu validnya dokumen medical check-up, surat rekomendasi, dan surat-surat penyataan untuk mendaftar beasiswa LPDP? Saya hendak mendaftar beasiswa LPDP periode III, namun karena satu dan lain hal, saya harus mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dari bulan januari (6 bulan sebelumnya). Apakah hal ini diperbolehkan? makasih mba

  27. Iyan says:

    Assalamualaikum Mbak Wenty, tes ini memakan waktu berapa jam? Tes kondisi fisik apa mengharuskan untuk menanggalkan pakaian dan celana seperti di MCU pekerjaan? Saya agak risih untuk melakukan itu di depan yg bkn muhrim. Terimakasih.

    • arsiyawenty says:

      Waalaikumsalam Iyan, salam kenal 🙂
      Untuk medical check-up 3 hari kerja. Yang perlu menanggalkan pakaian hanya rontgen, itupun menggunakan pakaian khusus rongent ya, selebihnya hanya cek darah dan urine

  28. Indianne says:

    Asalm, Mba . Saya sedang mendaftar beasiswa juga. Tapi persyaratannya adalah Surat kesehatan yang menernagkan bebas dari AIDS, Hepatitis A dna B dan endemi lainnya. Dimana ya mba bisa tes kesehatan spt ini?
    Oh, iya, hasil tes kesehatan dalam bahasa inggris kan ya mba?

    • arsiyawenty says:

      Hallo salam kenal, semua jenis tes itu bisa kamu dapatkan di rumah sakit yang menyediakan (tergantung tinggal dimana), untuk bahasa yang digunakan juga tergantung dari rumah sakit yang mengeluarkan, kalau rumah sakit international kemungkian besar bisa minta dalam bahasa inggris, kalau rumah sakit daerah saya kurang paham, kebetulan kemarin di RS Fatmawati bahasa indonesia, karena beasiswanya juga tidak mengharuskan dalam baahsa inggris 🙂

Leave a Reply

