Roti Panggang ala Pakistan

Roti Panggang ala Pakistan

Roti Panggang ala Pakistan

Ketika itu usia saya mungkin 3 atau 4 tahun, kakak saya pernah mengajak salah seorang perwakilan dari Kedutaan Besar Pakistan untuk merayakan Idul Fitri di rumah kami, di Bandar Lampung. Kami memanggilnya Mr.Khan (MrK), dia asli dari Pakistan dan sama sekali tidak bisa Bahasa Indonesia.

Berkaitan dengan judul tulisan ini, pernah suatu ketika MrK membuatkan saya roti panggang ala Pakistan. Saya tidak begitu ingat cara membuatnya, yang pasti roti ini lembut dan enak. Hari ini, berbekal memori yang tidak lengkap saya mencoba membuatnya. Bahannya sederhana:

  • 2 slide roti tawar
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok mentega
  • Meses ceres cokelat

Pertama-tama, campurkan 2 sendok susu bubuk dengan air sedikit saja, yang penting kental. Kemudian masukkan roti tawar kedalam susu yang sudah cair, hingga seluruh bagian dari roti terlumuri oleh susu.

Susu Bubuk (dicairkan)

Susu Bubuk (dicairkan)

Campuran Roti dan Susu Cair

Campuran Roti dan Susu Cair

Berikutnya, panaskan mentega dan panggang roti sampai berwarna kecokelatan (sesuai selera). Ketika seluruh bagian roti sudah terpanggang sempurna, taburi roti dengan meses secukupnya sampai meses tersebut ‘melting’.

Panggang Roti Sesuai Selera

Panggang Roti Sesuai Selera

Taburkan Meses

Taburkan Meses

Lipat roti menjadi 2 bagian, dan roti siap disajikan. Sebagai tambahan meses bisa diganti dengan jam atau kacang, sesuai selera.

MrK adalah orang berkebangsaan asing pertama yang saya kenal, kami tidak bisa berkomunikasi karena dia tidak bisa Bahasa Indonesia dan saya tidak bisa Bahasa Inggris. Namun tidak menjadi masalah karena bahasa adalah tentang ‘understanding’, yang terpenting adalah pesan yang diberikan oleh ‘sender’ bisa diterima oleh ‘recipient’ dengan baik.

Darinya saya mulai bermimpi; suatu hari saya harus bisa berbicara dengan bahasa yang ia gunakan, suatu hari saya mau seperti dia, menghabiskan waktu dengan keluarga yang baru saya kenal, di tempat baru, dengan orang-orang baru. Mrk adalah muslim yang taat, dia tidak pernah melewatkan shalat wajib maupun sunnah, ia selalu menggunakan pakaian khas Pakistan.

Ketika kerusuhan besar terjadi di Pakistan, ia sempat mengabarkan kakak saya, bahwa ia dan keluarga baik-baik saja. Namu, sejak saat itu kami tidak pernah lagi mendengar berita tentangnya. Dimanapun MrK berada, semoga selalu dalam lindungan Allah, dia – MrK – orang baik.

About arsiyawenty

Traveler and Dream Catcher
This entry was posted in Sosial and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Roti Panggang ala Pakistan

  1. Arsiya Erlinda says:

    susu bubuk dicairkan dengan 1 butir telur dek, roti panggang inj juga dikenal sebagai french toast

  2. halo gan, salam kenal.. numpang promo kalo ada yang butuh mixer ya.. hehe

Leave a Reply

