Bumi Perkemahan Sukamantri

Tiap bulan jalan-jalan, mungkin sudah menjadi kewajiban tidak tertulis dalam kehidupan saya 2 tahun belakangan ini (sejak Desember 2011). Tujuannya sangat signifikan menikmati panorama alam di Indonesia. November pekan pertama di tahun 2013 ini saya habiskan dengan beristirahat di 840 mdpl. Sejak Mei 2013 partner jalan-jalan saya tidak lagi berganti atau berpindah secara random, teracak dan sulit dilacak. Kini dapat dengan mudah dijalankan bersama; pilih tempat, waktu, sedikit wacana dan langsung terlaksana.

Berbagi Waktu di Ketinggian

Berbagi Waktu di Ketinggian

Bumi Perkemahan Sukamantri

Kawasan Wisata Sukamantri sudah dikelola sejak tahun 1981, secara geografis terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepat disisi utara dengan ketinggian 840 mdpl. Bumi Perkemahan sendiri merupakan salah satu Wana Wisata yang terkenal di kawasan ini. Untuk mencapai tempat ini tidak bisa dikatakan mudah, karena harus melewati jalanan berbatu dan menanjak. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, antara lain; Toilet, Musholla, Ruang Pertemuan, Kantin, Sumur, dsb. Air begitu melimpah di Bumi Perkemahan ini, mengalir tanpa henti, dingin dan bersih.

Toilet dan Kolam Air

Toilet dan Kolam Air

Musholla

Musholla

Ruang Pertemuan

Ruang Pertemuan

Berbagi Waktu di (Kaki) Gunung Salak

Perjalanan pagi ini kami mulai pukul 05.30 WIB dari Depok menuju Bogor, 30 menit berkendara cukup membuat punggung pegal dan perut lapar. Bubur ayam di Kota Hujan menjadi santapan pagi yang lezat — lapar? apa aja enak. Salah satu manfaat sarapan sebelum memulai perjalanan adalah tidak kelaparan ketika salah jalan.

Saat akan memasuki jalanan berbatu, kita akan dipertemukan dengan persimpangan jalan, kiri adalah jalan turunan berbatu dan lurus ditutup portal. Jalan yang benar adalah jalan yang ditutup portal, jangan terkecoh dengan portal yang tertutup, karena portal akan dibuka oleh petugas penjaga.

Persimpangan Jalan

Persimpangan Jalan

Portal - Pintu Masuk Kawasan

Portal – Pintu Masuk Kawasan

Gapura pertama menuju bumi perkemahan ini menjadi simbol pintu masuk hutan Pinus Puspa, kondisi lembab dan cukup dingin mulai terasa. Akhir dari jalan berbatu yang menghabiskan waktu sekitar 30 menit ini adalah pintu masuk yang sesungguhnya, registrasi dan membayar retribusi.

Pintu Masuk Hutan

Pintu Masuk Hutan

Pintu Masuk Bumi Perkemahan Sukamantri

Pintu Masuk Bumi Perkemahan Sukamantri

Setelah gapura selamat datang, kita akan disambut dengan barisan warung yang menyediakan santapan ekonomis. Meskipun berada di dalam kawasan wisata harga makanan di kantin-kantin ini sangat logis. Tepat di seberang kantin merupakan spot kemah terbaik untuk menikmati lampu-lampu Kota Bogor di malam hari.

Kantin Ekonomis

Kantin Ekonomis

Jika Malam Seperti Bintang - View Kota Bogor

Jika Malam Seperti Bintang – View Kota Bogor

Kawasan ini bisa menampung banyak tenda dan selalu ramai setiap akhir pekan. Kami sangat beruntung, pekan ini seharusnya bumi perkemahan ditutup untuk umum karena akan digunakan sebagai tempat latihan militer. Namun karena sejumlah hal gagal dilaksanakan, sedangkan informasi penutupan sudah beredar.

Spot Terbaik - View Kota Bogor

Spot Terbaik – View Kota Bogor

Spot Terbaik - Versi Kami

Spot Terbaik -Versi Kami

Malam hari yang sunyi dan sepi ternyata terang karena ada sejumlah orang yang sedang menjalankan kegiatan tidak jauh dari tenda kami, mereka menggunakan genset, dan memudahkan mobilisasi kami dari tenda ke kamar mandi. Malam hari yang sunyi dan sepi ternyata sedikit terusik dengan teriakan sejumlah anak-anak sekolah yang sedang orientasi organisasi. Malam hari yang sunyi dan sepi ternyata lengkap dengan dingin dan rintik hujan, konsekuensi yang dihadapi adalah langit gelap tanpa bintang. Malam hari kali ini adalah malam hari yang menyenangkan di ketinggian.

Punggungan Gunung Salak

Punggungan Gunung Salak

Selain tempat perkemahan, kawasan ini juga menyediakan lintasan untuk bersepeda gunung atau sekedar berjalan sehat menuju curug. Kami tidak tinggal diam, pagi hari memulai perjalanan dengan semangat menuju tempat yang dimaksud. Hingga akhirnya menyerah di sungai kering karena jalanan terputus tanpa jalur yang jelas. Semua ada hikmahnya, setidaknya kami bisa melihat secara langsung monyet ekor panjang yang gelantungan asik dari pohon ke pohon, tidak terusik dengan kedatangan kami.

Sungai Kering

Sungai Kering

Pondok Pojok - View Kota Bogor

Pondok Pojok – View Kota Bogor

Bumi Perkemahan Sukamantri menjadi tempat yang patut direkomendasikan untuk akhir pekan singkat di ketinggian. Tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, pacar, atau siapapun dan jangan sendirian.

Jalan-jalan bukan lagi pilihan, ia hadir sebagai kebutuhan untuk melengkapi kehidupan yang sering kali jenuh dan membosankan.- Wenty – 131113.

Advertisements

About arsiyawenty

Traveler and Dream Catcher
This entry was posted in Gunung Hutan, Jalan-Jalan. Bookmark the permalink.

14 Responses to Bumi Perkemahan Sukamantri

  1. johanesjonaz says:

    keren.. boleh dong diantar kesini kalo main ke bogor 🙂

  2. Nando says:

    setiap bulan juga sya sering main ke sini…
    untuk seorang yang cukup sibuk…liburan ke sini cukup mengobati kepusingan dari hiruk pikuk kota yang amburadul..haha..ceunah eta ge…!!!

    Salam kenal ah…

  3. phenyukerooo says:

    april nih kak forum outdoor and natural club kaskus mau adain gathnas disana
    ikut yuk ^^

    salam kenala

  4. curug apa namanya ka yg di dket buper?

  5. bener” sukamantri mantep tuh

  6. unknown says:

    Waah, keren banget. Tapi kalo disini untuk buat kegiatan sejenis ldk bisa ga ya? terus harga menginap disini berapa? apakah disediakan tenda? terimakasih 😀

  7. ada batasan ga minimal berapa orng? misal berdua sama pacar boleh ga? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s