Sukses itu Pilihan, Perjuangan, dan Pengorbanan

Setiap orang mendefinisikan sukses dalam banyak perspektif, terlepas dari benar salahnya definisi tersebut, interpretasi dan implementasinya tidak jauh berbeda, bahwa untuk mencapai kata sukses seseorang harus berjuang dan berkorban, memilih untuk memprioritaskan yang satu diantara yang lain.

Sukses itu Pilihan

Dalam hidup, manusia, selalu dihadapkan pada kenyataan untuk memilih, dan pilihan tersebut lebih banyak membuat kita bingung, gundah gulana, atau bahasa remajanya galau. Kita sering kali berfikir dampak negatif dari pilihan, dan lebih banyak menghabiskan waktu berfikir dibandingkan bertindak, positve thinking jujur dalam memaknai pilihan akan berkolerasi positif terhadap tindakan yang akan kita lakukan, untuk mencapai sukses, yang satu ini merupakan pilihan, sangat personal. Meskipun motivasinya bisa datang dari luar, namun pada dasarnya sukses membutuhkan niat yang datangnya harus dari individu itu sendiri, dia memilih, dan pilihan ini yang kemudian menjadi motivator utama dalam pencapaiannya.

Sukses itu Perjuangan

Usaha dibutuhkan dalam upaya mencapainya, namun yang dibutuhkan bukan usaha kacang-kacangan, usaha yang dimaksud merupakan usaha yang tidak mudah berhenti karena halangan dan rintangan, usaha yang terus mencari jalan baru ketika kebuntuan ada dihadapan, usaha yang kemudian menjadi sebuah perjuangan. Dalam kehidupan, kita menemukan segelintir orang yang jumlahnya sedikit sekali, mendapatkan dirinya berada dalam posisi yang dalam konstruksi sosial sudah dapat dikatakan sukses, namun saya tidak memasukkannya dalam makna sukses, karena perjuangan itu harusnya datang dari diri sendiri, bukan suatu hal yang didapatkan dari usaha kerdil, atau merupakan warisan. Karena sukses bukan pemberian, bukan warisan, sukses itu perjuangan.

Sukses itu Pengorbanan

“Jangan pernah pikirkan pengorbanan yang pernah atau akan dilakukan, namun pikirkan hasil yang akan kita capai”

kata-kata diatas mengandung banyak makna, yang terkadang saling tumpang-tindih bahkan berlawanan, kontradiksi. Terlepas dari interpretasi yang kita dapatkan, namun yang ingin saya sampaikan adalah, bahwa seseorang selain memilih, berjuang, dalam mencapai sukses kita dihadapkan pada keharusan untuk berkorban. Pengorbanan dalam banyak bentuknya, namun sifatnya sama, ada beberapa hal dalam hidup harus kita ikhlaskan untuk dapat mencapai sukses itu sendiri. Dalam perjalanannya diusahakan pengorbanan itu tidak menimbulkan keluaran yang merugikan orang lain, sukses yang sebenarnya saya maknai dengan output sebuah kebermanfaatan yang tidak hanya dirasakan oleh pribadi, namun juga orang sekitar. Namun hal ini dikembalikan kepada pribadi masing-masing.

Kita bisa memaknai sukses sesuka hati kita, sesuai tujuan dan maksud yang ingin dicapai, tapi jauh dari itu semua, kita harus berfikir lebih kholistik, bahwa sukses baiknya tidak hanya dirasakan sendirian, budayakan berbagi, karena manusia adalah bagian dari lingkungan dimana ia berada, meskipun sukses personal sifatnya, namun dalam pencapaiannya kita juga membutuhkan orang lain, maka didalam hasil, juga terdapat hak-hak orang lain, secara moral kita bertanggung jawab atas hasil yang kita peroleh, tanggung jawab sosial. Mungkin selain pilihan, perjuangan dan pengorbanan, sukses juga erat kaitannya dengan kebermanfaatan.

Advertisements

About arsiyawenty

Traveler and Dream Catcher
This entry was posted in Sosial. Bookmark the permalink.

One Response to Sukses itu Pilihan, Perjuangan, dan Pengorbanan

  1. afriansyah says:

    perjuangan haruslha dilakukan dalam menggapai sesuatu. tekatkan niat untuk melangkah.. jaukan diri dr rasa takut yg hy membuat kt jln ditempat. wssl.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s