Tindakan dan Cara Pandang

Tulisan ini saya buat karena beberapa bulan belakangan ini, semakin meningkatnya “curhatan”, cerita, “curcol”, atau keluh kesah di jejaring sosial yang terkadang berlebihan, meskipun mungkin keadaan yang dirasakan memang berat, karena saya paham tiap orang punya kemampuan dan daya juang yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah. Tujuan tulisan ini juga tidak lebih dari sekedar kegiatan iseng di sore sejuk, Depok 12 Februari 2011.

Bila kita memandang diri kita “kecil”, maka dunia akan terasa sempit, dan tindakan kita tidak jauh dari tindakan-tindakan biasa, dan kerdil.

Tindakan kita adalah cerminan bagaimana kita melihat dunia. Sementara dunia tidak lebih luas dari pikiran kita tentang diri kita sendiri. Mungkin ini manjadi alasan kenapa kita seharusnya berprasangka positif terhadap diri sendiri, sehingga tindakan kita dapat selaras dengan kebaikan-kebaikan yang ada dalam pikiran kita tersebut, dan merasakan dunia lebih indah, dan bermakna.

Sebenernya dunia sendiri tidak membutuhkan penilaian-penilaian kita, tapi kita yang membutuhkan penilaian tersebut untuk memandang dunia. Karena, dunia hanya memantulkan apa yang ingin kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan. Jadi, kalau kita takut menghadapi dunia, sebenarnya kita takut menghadapi diri kita sendiri.

Oleh karena itu, bukan soal apakah prasangka positif dan negatif terhadap diri kita sendiri saja, jauh melampaui itu semua, kejujuran, kita penting dan perlu untuk jujur melihat diri sendiri apa adanya. Dan, dunia pun akan menampakkan realitanya yang selama ini tersembunyi dibalik penilaian-penilaian kita.

Bila kita memandang diri kita “besar”, dunia akan terlihat lebih luas, dan mudah untuk kita melakukan tindakan-tindakan penting dan berharga.


Advertisements

About arsiyawenty

Traveler and Dream Catcher
This entry was posted in Sosial. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s